Produk

Masukan & Bantuan
Hallo, Sobat PUPR!

Kamu ada saran dan masukan untuk Portal Open Data PUPR?
Klik tombol di bawah ya!

KLIK DISINI
Draf Buku Penanganan Bencana Seroja NTT dan NTB 2021

Buku Penanganan Bencana Seroja NTT dan NTB 2021 disusun sebagai bentuk kumpulan informasi terkait keterlibatan Kementerian PUPR dalam penanganan Bencana Seroja NTT dan NTB Tahun 2021. Banyak pelajaran yang dapat diambil bagi Kementerian PUPR dan masyarakat selama proses penanggulangan bencana dalam menghadapi suatu kejadian alam.

Buku Informasi Statistik Infrastruktur PUPR Tahun 2023

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu indikator kemajuan suatu negara. Program pembangunan infrastruktur adalah bagian dari pendukung program di sektor lain. Dengan adanya pembangunan maka dapat memacu pertumbuhan ekonomi, serta terciptanya lapangan pekerjaan. Pembangunan infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh. Kementerian PUPR sebagai penyelenggara program pembangunan infrastruktur bertanggung
jawab atas pembangunan sumber daya air, jalan dan jembatan, keciptakaryaan, serta perumahan. Proses pembangunan infrastruktur perlu adanya informasi literal dan kestatistikan untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, serta evaluasi program dan pemanfaatan pembangunan. Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) memiliki fungsi salah satunya yaitu sebagai unit pengelola dan pelayanan data dan informasi statistik, geospasial tematik, serta audio visual bidang infrastruktur PUPR melalui Bidang Data dan Informasi (BDI). BDI memiliki tugas melaksanakan pengelolaan data dan informasi infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang dituangkan dalam Buku Informasi Statistik Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai perkembangan pembangunan infrastruktur secara menyeluruh, agar pelaksanaan pembangunan infrastruktur dapat terlaksana dengan baik. Secara garis besar Buku Informasi Statistik Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan gambaran tentang hasil pembangunan infrastruktur PUPR yang disajikan melalui infografis disertai dengan analisis statistik. Data tersebut terkait bidang sumber daya air, bina marga, cipta karya, perumahan, serta data sektor pendukung lainnya.

Buku Kondisi Jalan Nasional Tahun 2023 Semester 2

uku Kondisi Jalan Nasional Tahun 2023 Semester 2 merupakan informasi mengenai capaian kondisi jalan nasional pada akhir semester 2 tahun 2023. Buku ini disusun oleh Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR. Adapun sumber data yang digunakan dalam penyusunan buku diperoleh dari database IRMS oleh Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional status semester 2 tahun 2023, yang sebelumnya telah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional dan Direktorat Preservasi Jalan.

Buku Penanganan Gempa Cianjur 2022

Buku Penanganan Gempa Bumi Cianjur disusun sebagai bentuk kumpulan informasi terkait keterlibatan Kementerian PUPR dalam penanganan bencana gempa bumi Cianjur tahun 2022 hingga 2023 mulai dari fase tanggap darurat hingga fase pemulihan (rehabilitasi-rekonstruksi). Banyak pelajaran yang dapat diambil bagi Kementerian PUPR maupun masyarakat selama proses penanggulangan bencana dalam menyikapi suatu kejadian alam.

Buku Kondisi Jalan Nasional Tahun 2023 Semester 1

Buku Kondisi Jalan Nasional Tahun 2023 Semester 1 merupakan informasi mengenai capaian kondisi jalan nasional pada akhir semester 1 tahun 2023. Buku ini disusun oleh Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR. Adapun sumber data yang digunakan dalam penyusunan buku diperoleh dari database IRMS oleh Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional status semester 1 tahun 2023, yang sebelumnya telah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional dan Direktorat Preservasi Jalan.

Buku Kondisi Jalan Nasional Tahun 2022 Semester 2

Buku Kondisi Jalan Nasional Tahun 2022 Semester 2 merupakan informasi mengenai capaian kondisi jalan nasional pada akhir semester 2 tahun 2022. Buku ini disusun oleh Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR. Adapun sumber data yang digunakan dalam penyusunan buku diperoleh dari database IRMS oleh Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional status semester 2 tahun 2022, yang sebelumnya telah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional dan Direktorat Preservasi Jalan.

Buku Kondisi Jalan Nasional Tahun 2022 Semester 1

Buku Kondisi Jalan Nasional Tahun 2022 Semester 1 merupakan informasi mengenai capaian kondisi jalan nasional pada akhir semester 1 tahun 2022. Buku ini disusun oleh Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR. Adapun sumber data yang digunakan dalam penyusunan buku diperoleh dari database IRMS oleh Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional status semester 1 tahun 2022, yang sebelumnya telah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional dan Direktorat Preservasi Jalan.

Buku Informasi Statistik Infrastruktur PUPR Tahun 2022

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu indikator kemajuan suatu negara. Program pembangunan infrastruktur adalah bagian dari pendukung program di sektor lain. Dengan adanya pembangunan maka dapat memacu pertumbuhan ekonomi, serta terciptanya lapangan pekerjaan. Pembangunan infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dilaksanakan secara terpadu dan menyeluruh. Kementerian PUPR sebagai penyelenggara program pembangunan infrastruktur bertanggung jawab atas pembangunan sumber daya air, jalan dan jembatan, keciptakaryaan, serta perumahan. Proses pembangunan infrastruktur perlu adanya informasi literal dan kestatistikan untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, serta evaluasi program dan pemanfaatan pembangunan. Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) memiliki fungsi salah satunya yaitu sebagai unit pengelola dan pelayanan data dan informasi statistik, geospasial tematik, serta audio visual bidang infrastruktur PUPR melalui Bidang Data dan Informasi (BDI). BDI memiliki tugas melaksanakan pengelolaan data dan informasi infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang dituangkan dalam Buku Informasi Statistik Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai perkembangan pembangunan infrastruktur secara menyeluruh, agar pelaksanaan pembangunan infrastruktur dapat terlaksana dengan baik. Secara garis besar Buku Informasi Statistik Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memberikan gambaran tentang hasil pembangunan infrastruktur PUPR yang disajikan melalui infografis disertai dengan analisis statistik. Data tersebut terkait bidang sumber daya air, bina marga, cipta karya, perumahan, serta data sektor pendukung lainnya.

Buku Standar Pelaporan dan Analisis Statistik

Buku Standar Pelaporan dan Analisis Statistik disusun sebagai bahan pedoman dalam penyusunan analisis data statistik infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang berkualitas dan konsisten. Dalam penyusunan Standar Pelaporan dan Analisis Statistik Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini dilaksanakan teknik analisis statistik sederhana terhadap data infrastruktur dengan data pendukungnya guna menjadi dasar pedoman pelaksanaan agar tercapai kesamaan pengertian dan tindakan di internal Pusat Data dan Teknologi Informasi maupun pengolah data lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat lainnya.

Buku Kondisi Jalan Nasional Tahun 2021 Semester 2

Buku Kondisi Jalan Nasional Tahun 2021 Semester 2 merupakan informasi mengenai capaian kondisi jalan nasional pada akhir semester 2 tahun 2021. Buku ini disusun oleh Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementeria PUPR. Adapun sumber data yang dipergunakan dalam penyusunan buku diperoleh dari database IRMS oleh Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional status semester 2 tahun 2021, yang sebelumnya telah dilakukan verifikasi dan validasi oleh Balai/Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional dan Direktora Preservasi Jalan